Rabu, 16 Desember 2009

TUGAS 3

Pengantar Penelitian Kebudayaan

1. Jelaskan proses dalam menciptakan hubungan yang harmonis antara etnografer dengan informan?

Wawancara etnografis meliputi dua proses yang berbeda namun saling melengkapi satu sama lain, diantaranya: mengembangkan hubungan dan memperoleh informan. Hubungan yang baik mendorong informan untuk menceritakan budaya yang dimilikinya. Hubungan merujuk pada suatu hubungan harmonis antara etnografer dengan informan. Hal ini berarti bahwa pengertian dasar suatu kepercayaan telah berkembang sehingga memingkinkan adanya arus informasi bebas. Baik etnografer maupun informannya mempunyai perasaan yang positif terhadap wawancara itu dan bahkan menikmatinya. Dalam hal ini, hubungan itu tidak perlu berarti persahabatan yang erat atau kedekatan yang dalam antara dua orang.

2.Jelaskan tujuan melakukan wawancara dalam penelitian etnografer?

Setiap peneliti sudah memahami bahwa tujuan melakukan wawancara dalam penelitian apapun adalah untuk mendapatkan informasi. Adakalanya informasi mengenai suatu kebudayaan harus didapat dengan melaukan wawancara. Hal ini disebabkan proses wawancara menjadi alternative yang cenderung mudah dalam mendapatkan informasi yang ingin kita dapatkan.

3.Bagaimana cara menemukan permasalahan jika anda melakukan penelitian kebudayaan lain?

pada dasarnya, keingintahuan peneliti atau sesuatu yang harus diungkapkan oleh peneliti adalah masalah penelitian. Jadi, dalam melakukan penelitian kita harus menemukan permasalahannya terlebih dahulu. Jika dalam hal ini penelitian yang dilakukan ada dalam ranah kebudayaan, maka suatu permsalahan harus berhubungan dengan kebudayaan yang diteliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar